Sabtu, 03 Oktober 2009

MAEN POKER DI FACE BOOK DAN PERDAGANGAN SAHAM

Gara-gara ada teman ngajak maen poker via facebook (bukan judi pake uang lo.... he3x), saya belajar banyak hal tentang permainan ini dihubungkan dengan kegiatan perdagangan saham. Keberuntungan, strategi, dan pengendalian emosi adalah satu bagian yang tidak terpisahkan untuk mendapatkan KEMENANGAN.

Siapa yang setuju bahwa maen poker adalah 100% keberuntungan? Saya tidak setuju, karena perhitungan probabilitas kemenangan dan kekalahan perlu dipertimbangkan, dan biasanya pemain poker yang “ngawur” adalah pemain yang tidak mempertimbangkan REWARD & RISK. Untuk mendapatkan hasil yang kecil, banyak yang BERTARUH lebih besar dari pada hasil yang ingin didapatkan. Akibatnya, mereka BANGKRUT.

Begitupula dengan perdagangan saham. Saya yakin banyak yang memiliki strategi hebat. Namun jangan lupa ada faktor keberuntungan (yang ini tergantung amal ibadah kita sih...he3x), dan aja juga faktor PENGENDALIAN emosi. Pemain saham (maupun poker) yang tidak mengasah pengendalian emosi cenderung memiliki bias psikologis dalam mengambil keputusan, akibatnya perhitungan probabilitas kemenangan maupun reward/risk tidak diperhatikan. Bagaimana dengan Anda? Apakah harus setuju dengan saya? Saya yakin tidak 100% yang setuju, namun itu bukanlah masalah bagi saya, karena memang PASAR adalah pertentangan/perdebatan kedua belah pihak, yaitu demand & supply.


Salam Hangat

Dedhy Sulistiawan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar